Bank Indonesia Akan Melarang Transaksi Bitcoin

Bank Indonesia Akan Melarang Transaksi Bitcoin

BERITA TERBARU – Bank Indonesia akan melarang transaksi Bitcoin tahun depan,  Bank Indonesia berencana menerbitkan peraturan yang melarang transaksi menggunakan Bitcoin, mata uang digital yang dibuat pada tahun 2009 oleh orang atau kelompok yang tidak diketahui di bawah alias Satoshi Nakamoto.

Peraturan tersebut mulai berlaku mulai tahun depan, kata seorang pejabat.

Kepala Transformasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan peraturan tentang e-money akan diterbitkan dalam waktu dekat.

Bank Indonesia Akan Melarang Transaksi Bitcoin

“Saat ini, tidak ada peraturan tunggal bagi mereka yang melakukan transaksi menggunakan Bitcoin,” kata Onny di Jakarta, Selasa

Dia mengatakan bahwa bank sentral saat ini sedang melakukan studi mendalam untuk menentukan apakah bank sentral akan memasukkan keputusan mengenai Bitcoin dalam peraturan e-money yang berlaku atau dalam peraturan tersendiri tentang kriptocurrency.

Oleh karena itu, BI meminta para pedagang untuk tidak menerima Bitcoin sebagai instrumen pembayaran resmi.

Karena bank tersebut tidak bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi melalui transaksi, kata Onny.

Baca juga : Raisa, Isyana Sarasvati Diberikan MAMA di HongKong

Dia mengatakan bahwa Bitcoin berpotensi digunakan untuk melanggar peraturan yang berlaku mengenai terorisme, pencucian uang, pelacuran dan perdagangan narkoba.

Negara-negara berpandangan berbeda mengenai Bitcoin, dengan China dan Rusia menolaknya sementara Jepang menerimanya sebagai instrumen pembayaran.

Transaksi Bitcoin dilakukan tanpa perantara dan bank. Tidak ada biaya transaksi dan transaksi bisa dilakukan secara anonim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *